“EFek Buruk Pengguna Black Barry”


Memiliki telepon seluler pintar semacam Blackberry memang menyenangkan. Tak hanya menghibur, tapi juga bermanfaat untuk pekerjaan. Tak heran jika jumlah penggunanya terus meningkat di seluruh dunia.
Namun, di balik nilai positif yang ditawarkan, perangkat canggih itu ternyata menyimpan sejumlah efek buruk yang dapat mengganggu kesehatan penggunanya.


1. Membuat ketagihan
Perangkat telepon seluler pintar ini begitu mudah membuat pemiliknya merasa kecanduan. Studi Rutgers University pada 2006 menyimpulkan, Blackberry dan perangkat serupa memicu kenaikan penggunaan internet yang cukup signifikan, namun berdampak buruk bagi kesehatan mental.

2. Mengganggu tidur
Dengan layanan internet 24 jam, perangkat Blackberry akan bergetar atau berdering setiap saat, ketika ada email dan pesan singkat masuk. Dan setiap saat pula, pengguna akan memainkan Blackberry-nya, termasuk ketika sudah berada di tempat tidur.
Tak jarang pula, pengguna begitu sensitif dengan getar Blackberry, sehingga mudah terbangun dari tidur untuk membuka pesan yang masuk.
Kebiasaan menyanding Blackberry di tempat tidur inilah yang akhirnya membuat tidur tak berkualitas. Dampak selanjutnya, tentu menyerang kesehatan. Bukan rahasia lagi bahwa rendahnya kualitas tidur berdampak negatif pada kesehatan fisik dan mental.
Sebuah penelitian mengungkap, pengguna Blackberry yang memiliki kebiasaan memainkannya sebelum tidur rentan mengalami insomnia, sakit kepala, dan kesulitan berkonsentrasi. Penelitianyang dilakukan Uppsala University di Swedia menambahkan bahwa radiasi telepon seluler bisa mengganggu aktivitas tidur.

3. Memicu cemas
Memiliki telepon selular cerdas semacam Blackberry memang menyenangkan bagi sebagian orang. Dengan Blackberry, aktivitas berkirim email, chatting, hingga berselancar di internet bisa dilakukan bersamaan, kapan saja, dan di mana saja. Banyak pulayang mengandalkannya untuk urusan pekerjaan.
Studi yang dilakukan MIT’s Sloan School of Management pada 2007 mengungkap, penggunaan Blackberry membentuk budaya stres di tempat kerja. Fasilitas internet 24 jam yang dijagokan telepon seluler pintar itu mengacaukan waktu luang pekerja. Tugas dan hal-hal yang menyangkut pekerjaan bisa hadir kapanpun, termasuk kala sedang libur.

4. Melemahkan otak
Di balik kemudahan yang diberikan, Blackberry berisiko melemahkan daya konsentrasi penggunanya. Karakternya yang mampu membuat pengguna melakukan sejumlah hal dalam waktu bersamaan (multitasking) cenderung membuat seseorang kesulitan menyerap informasi lantaran fokusnya mudah beralihdari satu hal ke hal lain.
“Sebagai multitasker, otak mereka dibanjiri terlalu banyak informasi, akibatnya mereka tidak selektif lagi untuk memilah informasiyang penting dengan cepat,” kata Dr David W Goodman, Direktur Pusat Gangguan Psikologis di Maryland, Baltimore.
Untuk itu, ia menyarankan para pengguna Blackberry agar tak mengaktifkan jaringan internetnya selama 24 jam. “Buat jadwal untuk membuka email, misalnya satu jam sekali, atau dua jam sekali,”kata Goodman. “Jangan menjadikan diri sebagai budak getar atau dering Blackberry.”

Mei 14, 2010. Tag: , . TEKNOLOGI. Tinggalkan komentar.

Militer AS Uji Coba Kendaraan Hipersonik…


Wilahardi.Wordpress.com Militer Amerika Serikat (AS) kehilangan kontak dengan sebuah kendaraan hipersonik eksperimental di Samudera Pasifik. Menurut Turner Brinton dari Space News, DARPA (Defense Advanced Research Projects Agency) kehilangan kontak dengan kendaraan Falcon Hypersonic Technology Vehicle (HTV)-2 sembilan menit setelah diluncurkan.

HTV-2 merupakan pesawat pertama dari serangkaian eksperimen penerbangan. Rencananya, teknologi yang bisa dikerahkan untuk rudal-rudal konvensional jarak jauh di masa depan.

“Kendaraan tersebut diluncurkan dari Pangkalan Angkatan Udara Vandenberg di California, dengan sebuah roket Minotaur 4,” kata Brinton, seperti dikutip dari laman TG Daily, Selasa 27 April 2010.

Dibangun oleh Lockheed Martin Corp., pesawat HTV-2 meluncur di atas Samudera Pasifik dengan kecepatan 20 ribu kilometer per jam selama 30 menit. “Namun, sembilan menit setelah meluncur, DARPA kehilangan kontak dengan pesawat, dan penyebab kegagalan itu belum diketahui,” ujarnya.

Namun, Frank James dari NPR mencatat bahwa dalam masa-masa awal percobaan teknologi pertahanan, proyek militer teknologi tinggi biasanya ditandai dengan sejumlah kegagalan.

“Program angkasa luar AS pada akhir 1950-an juga terdapat kegagalan, jadi tidak heran, tes yang dilakukan militer pekan lalu untuk menguji Falcon dan menguji konsep pesawat hipersonik yang bisa melanglang buana dengan kecepatan hingga 20 kali lebih cepat dibanding kecepatan suara, juga mengalami kegagalan,” ucap James.

“Ide dari teknologi ini adalah menciptakan sebuah pesawat yang bisa mencapai lokasi-lokasi di Bumi dalam hitungan menit,” kata James.

Mei 14, 2010. Tag: , . TEKNOLOGI. Tinggalkan komentar.

Aneh ?! Poenya Anak Dalam Waktu Semalam… ?


Kejadian aneh ini berawal saat Suryati, akan beranjak tidur pada Jumat (7/5/2010) lalu. Namun, saat akan tidur sekitar pukul 20.40 WIB perutnya membesar, sakit dan melahirkan seorang bayi laki-laki.

Desa Sukosewu, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar yang dibuat geger oleh salah seorang warganya. Pasalnya, Suryati (37), wanita yang sudah 2 tahun hidup menjanda tiba-tiba melahirkan bayi laki-laki tanpa ada proses kehamilan.

Sumber : http://surabaya.detik.com/readfoto/2010/05/13/134257/1356552/473/1/

Mei 14, 2010. BERITA. Tinggalkan komentar.

Larangan Bawa HP di Sidang DPR


Pramono: Blackberry Menganggu Konsentrasi Anggota DPR

Jakarta – Wakil Ketua DPR, Pramono Anum, sepakat jika pelarangan bawa ponsel di dalam ruang sidang diberlakukan. Menurut Pram, menelepon, SMS, BBM, hingga nge-twitter saat sidang, sangat menganggu konsentrasi anggota dewan.

“Saya termasuk yang menyetujui larangan itu, keberadaan ponsel yang awalnya diharapkan membantu belakangan malah justru mengganggu konsentrasi,” terang Pramono saat ditelepon detikcom, Jumat (14/5/2010).

Bahkan menurut Pramono, sejak adanya blackberry dan twitter, konsentrasi anggota dewan kian sering terbagi konsentrasinya di saat sidang.

“Apalagi dengan adanya blackberry, cukup menyita perhatian anggota dewan ketika sidang sedang berlangsung. Jadi tidak hanya telepon, tapi kan telpon, sms, BBM, twitter ikut dilarang,” ujar politisi senior ini.

Lebih lanjut, Pramono menjelaskan jika aturan ini betul-betul ingin diterapkan, maka harus dimasukkan dalam tata tertib DPR.

“Saya kira setiap saat bisa diubah (kode etik) kalau itu urgent, karena menyangkut code of conduct, saya kira cukup menganggu konsentrasilah,” jelasnya. (WY)

Mei 14, 2010. BERITA. Tinggalkan komentar.

Tips


“Makanlah pisang ketika sedang menderita tukak lambung karena pisang mampu menteralkan kelebihan asam cairan di lambung dan mengurangi iritasi tukak lambung.”

Mei 13, 2010. Tag: , . KESEHATAN. Tinggalkan komentar.

Bagi Pekerja Shift Malam, Kafein Lebih Baik dari Tidur Siang


London, Rasa kantuk adalah musuh utama saat bekerja pada shift malam. Pekerjaan tertentu seperti dokter dan sopir bus malam butuh konsentrasi tinggi untuk mengurangi risiko terjadinya kesalahan. Dan ternyata, kopi lebih membantu dibandingkan tidur siang.

Tubuh manusia memiliki jam biologis yang akan menjadi kacau ketika jam kerja sering bertukar antara shift siang dengan shift malam. Dampaknya adalah rasa kantuk dan konsentrasi yang menurun.

Kondisi tersebut meningkatkan risiko terjadinya kesalahan. Bagi pekerjaan tertentu seperti dokter dan sopir bus malam, kesalahan sekecil apapun akan berakibat fatal misalnya malpraktik dan kecelakaan lalu lintas.

Dilansir dari CBC, Kamis (13/5/2020), tim dari London School of Tropical Medicine meneliti efek kafein pada kinerja para pekerja shift malam. Analisisnya dilakukan berdasarkan data dari 13 studi internasional.

Partisipan yang terlibat dalam penelitian tersebut berusia antara 20 hingga 30 tahun. Kondisi kerja pada shift malam disimulasikan dalam sebuah laboratorium, sementara kafein diberikan dalam berbagai bentuk seperti kopi, pil, maupun makanan yang mengandung kafein.

Kesalahan yang diamati dalam simulasi tersebut antara lain berupa pelanggaran marka jalan saat mengemudi di malam hari. Sedangkan kemampuan otak yang meliputi memori, atensi, persepsi dan kemampuan berlogika (reasoning ability) diamati melalui tes neuropsikologi.

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal online The Cochrane Library edisi 12 Mei 2010 menyimpulkan, kafein mampu menekan tingkat kesalahan yang disebabkan oleh rasa kantuk. Meski tidak disebutkan angka pastinya, kafein bahkan lebih baik dibandingkan plasebo maupun tidur siang.

Selain meningkatkan kinerja, kafein juga terbukti menstimulasi kemampuan otak. Tes neuropsikologi menunjukkan hasil yang lebih baik ketika para pekerja itu mengkonsumsi kafein.

“Tidak ada alasan bagi orang sehat untuk berhenti minum kopi dalam porsi yang direkomendasikan, karena bisa membantu mereka tetap terjaga dan siap siaga,” tegas Katharine Ker yang memimpin penelitian tersebut.

Meskipun demikian, kolumnis kesehatan dari Radio CBC, Dr. Peter Lin tidak menyarankan konsumsi kafein dalam jangka panjang. Sebab efeknya akan menumpuk, dan akhirnya menyebabkan gangguan pada pola tidur. (WY)

Mei 13, 2010. Tag: , , . KESEHATAN. Tinggalkan komentar.

3 Teroris Sukoharjo Dibawa ke Jakarta


Foto News

3 Teroris Sukoharjo Dibawa ke Jakarta


3 tersangka teroris yang diamankan dalam penggerebekan di Desa Baki Pandeyan, Baki, Sukoharjo, Jawa Tengah, diterbangkan ke Jakarta, Kamis (13/5/2010). Mereka akan dibawa ke Mako Brimob Kelapa Dua, Depok.

Mei 13, 2010. BERITA. Tinggalkan komentar.

Melindungi keamanan Kartu ATM dan PIN ATM Label: KartuATM, keamanan ATM, melindungi ATM, pembobolan ATM, Pin ATM, Tips


Berikut ini tips praktis untuk menjaga dan melindungi keamanan kartu ATM dan PIN ATM anda agar tidak kebobolan.

Kartu ATM
1.  Jangan pinjamkan dompet atau tas anda yang berisi kartu ATM kepada orang yang tidak anda percayai.
2.  Jangan gunakan; Nomer HP, tanggal lahir, nomer SIM dan KTP anda sebagai nomer PIN ATM. Ini akan mudah ditebak.
3.  Segera lapor ke Bank untuk langsung memblokir kartu ATM anda jika kartu anda hilang. Ini akan mencegah pembobolan tabungan anda manakala kartu ATM anda ditangan orang lain.
4.  Anggap nomor PIN ATM sebagai (maaf) kemaluan anda. Ya, kemaluan anda yang itu. Jangan pernah memperlihatkannya kepada siapapun. Petugas bank sekalipun.

Di Mesin ATM
5.  Jangan pilih ATM yang berada di tempat sepi. Pilih ATM yang berada di keramaian.
Tentu saja, pelaku pembajakan ATM akan berpikir berulang kali ketika ingin membajak sebuah ATM. Entah itu menempelkan kamera pengintip atau memasang skimmer untuk menduplikat kartu ATM. Tambahan lagi
6.  Jika memungkinkan, pilih ATM yang berada di bank.
ATM yang berada di bank biasanya memiliki pengamanan yang lebih banyak daripada ATM yang ‘numpang’ di tempat-tempat lain.
7.  Periksa apabila ada kejanggalan entah itu berupa kabel2 yang tidak wajar atau benda2 aneh pada tombol dan tempat memasukkan kartu. Kalau anda ragu ada yang tidak beres, tinggalkan mesin ATM tersebut dan cari mesin ATM yang lebih aman.
8.  Catat nomer telepon bank yang ada di layar monitor, untuk jaga-jaga jika kartu ATM anda tertelan.
9.  Jika kartu ATM anda tertelan mesin ATM ada beberapa langkah yang perlu anda perhatikan;

Telepon ke nomer telepon bank yang ada pada layar monitor. JANGAN LANGSUNG PERCAYA PADA STIKER YANG TERTEMPEL DI SEKITAR ATM. Ini untuk tindakan berhati-hati. Karena bisa saja pelaku pembobolan ATM memasang sesuatu agar ATM anda macet dan menempelkan stiker nomer telepon bank palsu.
Ketika anda menghubungi petugas bank lewat telepon, jangan pernah memberitahukan pin anda. Diminta sekalipun (sampai mati) jangan pernah!!! Kecuali dalam 2 kondisi berikut ini;
  • Pertugas bank meminta nomor PIN ATM anda tersebut pada jam kerja bank, berada di bank, dan anda sudah mengecek berulang kali bahwa dia adalah petugas bank.
  • Anda sudah mengikhlaskan uang anda untuk dibobol oleh orang lain. 🙂

Menghindari Pelaku Penipuan
10.  Ketika memasukkan pin anda, tutupi tangan anda. Entah itu dengan tangan anda badan anda.
11.  Ketika sedang mengambil uang dengan antrian dibelakang anda, tingkatkan kewaspadaan. Bukan suudzon bahwa orang dibelakang anda ingin mengetahui PIN ATM anda. Cukup waspada saja.

Langkah pengamanan lainnya
12.  Cetaklah buku tabungan anda secara berkala. Jika ada transaksi / mutasi dana yang mencurigakan, hubungi pihak bank untuk minta penjelasan dan bantuan. Ini agar anda selalu yakin bahwa kartu ATM dan PIN ATM anda aman dari penggandaan / cloning.

Mei 13, 2010. BERITA. Tinggalkan komentar.

Alasan Densus Tembak Mati Tersangka Teroris


Polisi, dalam hal ini unit anti-teror Densus 88, terpaksa menembak sejumlah tersangka teroris karena mereka melakukan perlawanan saat akan ditangkap. Tidak mau mengulangi risiko seperti di Aceh, tim Densus terpaksa menembak mereka.

Demikian ungkap Wakil Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Kepolisian Republik Indonesia (Polri), Brigen (Pol) Zainuri Lubis. “Di Cikampek dan Cawang, disayangkan ketika mau ditangkap, mereka melakukan perlawanan,” kata Lubis dalam jumpa pers di Markas Besar Polri di Jakarta, Kamis 13 Mei 2010.

Dia merujuk pada tewasnya lima tersangka teroris dalam penggerebekan oleh Densus 88 di Cawang (Jakarta Timur) dan Cikampek, Rabu 12 Mei 2010. Kelima jenazah saat ini diidentifikasi tim forensik di Rumah Sakit Polri Sukanto, Kramatjati, Jakarta Timur.

Lubis mengungkapkan bahwa tim Densus tidak mau ambil risiko saat melihat rekan mereka gugur dalam operasi penangkapan teroris di Aceh beberapa waktu lalu. Maka mereka langsung mengambil tindakan begitu tersangka teroris menunjukkan perlawanan.

“Polri, dalam hal ini Densus 88, tidak mau ambil risiko karena di Aceh Besar ada personil yang gugur. Kalau melakukan perlawanan, tindakan kepolisian akan kami ambil,” kata Lubis.

Dia pun mengimbau kepada masyarakat agar selalu waspada dan memberikan informasi secara maksimal kepada pihak keamanan atas orang-orang yang mencurigakan di lingkungan masing-masing.

“Dari awal, semua (tersangka teroris) yang menyewa rumah kontrakan itu mencurigakan, seperti tidak jelas apa pekerjaannya. Dimohon warga berpartisipasi melakukan kontrol. Apalagi ada ketentuan dalam 1×24 jam tamu harus lapor ke RT,” kata Lubis. (WY)

Mei 13, 2010. BERITA. Tinggalkan komentar.

Kaka Frustasi Bersaing Lawan Barcelona


Bintang Real Madrid Ricardo Kaka mengaku sangat frustasi menghadapi Barcelona dalam perburuan gelar La Liga musim ini. Tertinggal satu poin dari Barcelona justru membuat Kaka semakin tertekan.

Playmaker timnas Brasil ini memang tak mampu optimal membela Madrid karena masalah cedera bertubi. Tak optimalnya peran Kaka itu juga membuat efek Madrid kini tertinggal sebiji poin dari Blaugrana.

“Ini sangat sulit. Kami telah bermain lama dengan perbedaan satu poin tapi saya berharap kami dapat memenangkan liga pada akhirnya,” ujar Kaka kepada Sport.

“JIka kami tidak menang, itu bukan sesuatu yang bagus. Tapi saya tahu bahwa saya tidak suka membicarakan kegagalan,” tambahnya.

Dan hari penentuan sang juara akan terjadi pada akhir pekan ini. Barcelona akan menjamu Real Valladolid pada Minggu 16 Mei 2010 di Camp Nou. Di saat bersamaan Madrid akan bertandang ke markas Malaga, Estadio La Rosaleda. (irv)

Mei 13, 2010. BERITA. Tinggalkan komentar.

Laman Berikutnya »